Tugas Hukum Bisnis

Nama : Deacitra Prilyasari S
Nim :131120001051
TUGAS HUKUM BISNIS
OPINI:
Tentang Hak Cipta
Menurut Saya Hak Cipta untuk mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat yang seharusnya ditaati oleh seluruh anggota masyarakat, misalnya : seperti membajak DVD /VCD tanpa sepengetahuan pemiliknya.
Hak Cipta juga dapat melindungi produk-produk yang telah dibuat oleh orang lain, dan melindungi asset-aset kekayaan pribadi. Dan Pencipta adalah seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama yang atas inspirasinya lahir suatu ciptaan berdasarkan kemampuan pikiran, imajinasi, kecekatan, keterampilan atau keahlian yang dituangkan dalam bentuk yang khas dan bersifat pribadi.
Sementara Pemegang Hak Cipta adalah pencipta sebagai pemilik hak cipta atau orang lain yang menerima lebih lanjut hak dari orang tersebut di atas. Yang dianggap sebagai Pencipta adalah orang yang namanya terdaftar dalam Daftar Umum Ciptaan dan pengumuman resmi tentang pendaftaran pada Departemen Kehakiman; dan orang yang namanya disebut dalam ciptaan atau diumumkan sebagai pencipta. Masa berlaku Hak Cipta barvariasi antara 25 sampai 50 tahun
Kondisi Ekonomi Lingkungan
Menurut Saya kondisi sekarang Banyak orang yang meniru produk-produk yang sudah ada dan untuk memperoleh keuntungan dari Produk yang telah dibuat.dan sekarang orang cenderung memilih barang yang tidak asli atau bajakkan karna lebih murah sehingga Produk aslinya tidak laku.
Pengusaha atau calon pengusaha perlu memiliki pemahaman yang luas mengenai pengaruh lingkungan luar, terutama elemen-elemennya yang mungkin berpengaruh terhadap usaha yang hendak dijalankan.
Calon pengusaha perlu memiliki kemampuan menafsirkan dan menerjemahkan pengaruh lingkungan luar menjadi pola pengelolaan ataupun pola pengambilan keputusan yang tepat dalam menjalankan usaha.
Pengusaha atau calon pengusaha perlu memiliki kemampuan negosiasi, dan juga kompromi untuk menyelesaikan berbagai jenis konflik kepentingan yang terjadi karena berbagai jenis konstituen, ternyata memiliki sasaran maupun sistem nilai yang berbeda.
Pengusaha atau calon pengusaha perlu memiliki kecerdasan intelektual yang memadai untuk mempelajari dan memahami berbagai permasalahan dan perkembangan yang terjadi di masyarakat. Pengusaha atau calon pengusaha perlu memiliki kemampuan berpikir jernih agar dapat menghadapi berbagai permasalahan yang terjadi.

Manfaat Dan Persaingan
Menurut Saya. Dengan adanya persaingan, jelas memberikan manfaat yang tidak sedikit bagi kehidupan kita, namun untuk menghindari sisi negatif dari persaingan perlu dibuat suatu aturan main yang jelas, sehingga persaingan dapat berjalan dengan baik atau dengan kata lain tercipta suatu level playing field, yang membuat pelaku-pelaku usaha kecil tetap dapat menjalankan usaha disamping pelaku-pelaku usaha besar tetap dapat menjalankan usahanya juga.
Tujuan
Menurut Saya
• Meningkatkan kesadaran masyarakat serta peran penegak hukum tentang pentingnya perlindungan hak cipta.
• Mendorong kreativitas para pencipta dan menjamin perlindungan hak cipta.
• Mempromosikan ilmu pengetahuan, seni, sastra, dan budaya lokal.

Pasar Bebas 2015
Menurut Saya Dengan adanya pasar persaingan bebas produk-produk yang dihasilkan akan cepat dikenal oleh masyarakat yang ada DiDunia. Tetapi memiliki sisi negative yaitu banyak pelanggaran yang diciptakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga produk ataupun barang yang dihasilkan banyak tiruannya.
negative yaitu banyak pelanggaran yang diciptakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga produk ataupun barang yang dihasilkan banyak tiruannya.

Leave a comment